MICROSOFT
EXCEL
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft
Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft Excel
sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga
bisa dicatat dalam program ini. Program Microsoft Excel seperti program jenis
spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan
dengan tabel, angka-angka dan grafik.
Microsoft Office 2010 atau Office seri ke 14 merupakan
penerus dari Office versi 2007. Walaupun masih sedikit bocoran mengenai info
Microsof Office 2010, pihak Microsoft mengungkapkan bahwa pada Office 2010 ini
akan lebih ringan dari pada Microsoft Office versi sebelumnya. Pada Microsoft
Office 2010, Microsoft Office akan mendukung dua versi yag terpisah, yaitu
versi 32 bit dan versi 64 bit dan Office 2010 akan menjadi pertama yang
melakukan dua versi yang berbeda.Ini dia beberapa kelebihan dari office 2010 :
1. Office 2010 has Screenshot Capture, ituloh
fasilitas yang memungkinkan meng capture gambar.
2. Fasilitas Removal Background, keren
nih..jadi bisa dengan gampang hapus background yg ada di shape, dll.
3. Revamped Print Option, kalau
yang ini kurang tau persis, letaknya ada di Opsional untuk print.
4. Fasilitas Auto Permision yang
lebih baik (untuk Sekuriti/keamanan).
5. Tampilan button yang
lebih menarik.
6. SMArt Templates yang
lebih baik.
7. Proteksi mode ketika
seseorang membuka file dari sebuah situs di internet. Dan masih banyak yang
lainnya. Di dalam MO 2010 tersedia berbagai aplikasi dalam keluarga Office,
termasuk Acces 2010, Excel 2010, InfoPath 2010, OneNote 2010, Outlook 2010,
PowerPoint 2010, Project 2010, Publisher 2010, SharePoint Designer 2010,
SharePoint Workspace 2010, Visio 2010,Word 2010,Office Web, SharePoint server
2010, dan Visio 2010. Tidak hanya itu saja, Office 14 ini juga akan ditambahkan
PDC, yang membuat inovasi Office ini semakin menarik. Yang saya suka dari
Microsoft Office 2010 adalah jauh lebih Ringan dibanding MO 2007. jadi untuk PC
juragan yang menjadi agak lemot ketika menggunakan MO 2007, Microsoft Office
2010 patut dicoba.
·
Memiliki
fitur-fitur yang user friendly.
·
Dilengkapi
dengan Task Pane pada jendelanya.
·
Dapat
menggunakan acua relative dan mutlak
·
Memiliki
fungsi yang lengkap (bidang matematika,statistic,logika keuangan,refrensi,waktu
dan teks).
·
Dokumen
dapat terdiri dari lembaran kerja dengan jumlah yang banyak
·
Dilengkapi Perintah
untuk menghapus dan menyisipkan baris dan kolom, perintah Undo-Redo, Perintah
pengeditan data di sel,Berbagai pemformatan sel, Perintah
Find dan Replace,Fasilitas AutoSave, Fasilitas
Help
·
Mengurutkan
dan menyaring data
·
Menyembunyikan
baris dan kolom
·
Menampilkan
Print Preview dan mencetak
·
Membuat
grafik dalam berbagai bentuk
·
Menggabung
dan membagi sel
·
Mengimpor
data dari database perusahaan
·
Menggunakan
Macro, solver, Add - ins
·
Menyimpan
file dalam format XML
Saya coba memaparkan perbandingan antara Excel 2003
dan Excel 2007.
·
Jumlah
baris
Excel 2003 hanya menyediakan 65,536 baris, sedangkan Excel 2007 menyediakan 1,048,576 baris.
·
Jumlah
kolom
Excel 2003 menyediakan 256 kolom, sedangkan Excel 2007 menyediakan 16,384 kolom.
·
tabel
Harus diakui, Excel 2007 memiliki berbagai format tabel yang menarik dan siap pakai.
·
Formula
Excel 2007 memiliki banyak tambahan formula.
·
Penampilan
grafik / chart
Excel 2007 memiliki tampilan menakjubkan untuk grafik / chart. Warna defaultnya juga menarik dibandingkan versi Excel yang lebih lama.
·
Membuka /
menutup file
Jika Dibandingkan dengan Excel 2003, dengan spesifikasi komputer yang sama dan file yang sama, performa Excel 2007 dalam aktivitas ini lebih lambat dibanding pendahulunya.
=SUM(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum :
=SUM(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menjumlahkan dari
sel H5 sampai sel H15
Penulisan :
=SUM(H5:H15)
=COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk umum :
=COUNT(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang
berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
=MAX(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum :
=MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan sel yang
berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MAX(F1:F17)
=MIN(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum :
=MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel
yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MIN(F1:F17)
=AVERAGE(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum :
=AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata
dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
=ABS(…)
Fungsinya :Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar
argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum :
=ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak
dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan :
=ABS(F17)
=SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan
X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk umum :
=SQRT(range sel)
Penulisan :
= SQRT(25) 5
=IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang
kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum :
=IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh :Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang
kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.
Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60,
maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”) artinya jika kolom F17
lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true,
jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya :
Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
=VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value;table_array;Col_index_num;Range_lookup)
=HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum :
=HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;Range_lookup)
=LEFT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kiri
Bentuk umum :
=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada
di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
=RIGHT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kanan
Bentuk umum :
=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada
di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
=MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan
sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum :
=MID(teks; start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru
yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
Pada tahun 1982, Microsoft membuat
sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer
dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana
sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai
pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel. Pada
awal-awal peluncurannya. Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang
bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat
lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri
tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi
“Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.
Sejak tahun 1993, Excel telah
memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat
menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan
juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna
(user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi
selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development
environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer
untuk melakukan pembuatan program buatannya.
Microsoft excel merupakan suatu software yang
digunakan untuk membuat tabel.
Dalam software ini juga kita dapat menggunakan rumus-rumus guna menjumlahkan,mengurangi, mencari nilai rata2, mencari nilai max ataupun min, menampilkan persyaratan suatu kondisi secara langsung tanpa harus menuliskan nya satu persatu. Mempercepat perkerjaan kita terutama bila kita seorang akuntan
Hal ini dikarenakan dalam software ini kita tidak lagi perlu menggunakan kalkulator dan apa bila kita melakukan kesalahan dalam suatu perhitungan akuntansi kita dapat memperbaikinya dengan sangat mudah tanpa harus mengubah semua data yang adA karena rumus yang digunakan dalam software ini bersifat otomatis (rumus selalu mengarah pada sel) jadi bila kita mengubah isi satu sel saja maka hasil dari semua sel akan ikut berganti apabila sel-sel tersebut mengandung rumus yang berkaitan dengan rumus sel yang diganti tadi.
Contoh tugas Excel :
Dalam software ini juga kita dapat menggunakan rumus-rumus guna menjumlahkan,mengurangi, mencari nilai rata2, mencari nilai max ataupun min, menampilkan persyaratan suatu kondisi secara langsung tanpa harus menuliskan nya satu persatu. Mempercepat perkerjaan kita terutama bila kita seorang akuntan
Hal ini dikarenakan dalam software ini kita tidak lagi perlu menggunakan kalkulator dan apa bila kita melakukan kesalahan dalam suatu perhitungan akuntansi kita dapat memperbaikinya dengan sangat mudah tanpa harus mengubah semua data yang adA karena rumus yang digunakan dalam software ini bersifat otomatis (rumus selalu mengarah pada sel) jadi bila kita mengubah isi satu sel saja maka hasil dari semua sel akan ikut berganti apabila sel-sel tersebut mengandung rumus yang berkaitan dengan rumus sel yang diganti tadi.
Contoh tugas Excel :
0 komentar:
Posting Komentar